Memahami Modal Perseroan

Memahami Modal Perseroan

Selasa, 02 April 2019, 07.12
Memahami Modal Perseroan - foto: rawpixel
Modal atau pembiayaan ekuitas adalah uang yang dikumpulkan oleh bisnis dengan imbalan kepemilikan saham dalam perusahaan. Kepemilikan diwakili kepemilikan langsung saham atau hak untuk mengkonversi instrumen keuangan lainnya ke dalam saham perusahaan swasta. Dua sumber utama modal ekuitas untuk bisnis baru adalah angel investor (‘investor malaikat’) dan perusahaan modal ventura.

Biasanya, angel investor dan modal ventura menyediakan modal tanpa agunan kepada perusahaan dengan potensi pertumbuhan yang cepat. Investasi seperti ini terjadi di sebagian besar industri dan cocok untuk bisnis melalui berbagai tahap perkembangan. Berinvestasi di perusahaan baru membawa resiko tinggi, tapi modal ventura bersifat jangka panjang sehingga memberikan waktu kepada perusahaan menjadi organisasi yang menguntungkan.

Modal ventura maupun modal dari angel investor lebih berbentuk pembiayaan aktif daripada pasif. Investor ini berusaha untuk menambah nilai, selain modal, ke perusahaan-perusahaan di mana mereka berinvestasi dalam usaha untuk membantu perusahaan tumbuh dan mencapai laba atas investasi yang lebih besar. Hal ini memerlukan keterlibatan aktif dan hampir semua pemodal ventura akan, minimal, duduk di dewan direksi.

Meskipun investor berkomitmen untuk sebuah perusahaan dalam jangka panjang, itu tidak berarti selamanya. Tujuan utama dari investor ekuitas adalah untuk mencapai tingkat pengembalian yang superior melalui pencairan investasi yang tepat waktu. Seorang investor yang baik akan mempertimbangkan potensi strategi keluar dari saat investasi pertama kali disajikan dan diselidiki.

 

TerPopuler