Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Bisnis Profitable

latest
www.shopedia.co.id

Bisnis Budidayan Tawon Memang Semanis Madunya

Bisnis Budidayan Tawon Memang Semanis Madunya - PollyDot Budidaya tawon atau lebah madu ternyata sudah lama dilakukan oleh masyarakat t...

Bisnis Budidayan Tawon Memang Semanis Madunya - PollyDot
Budidaya tawon atau lebah madu ternyata sudah lama dilakukan oleh masyarakat tradisional. Kegiatan budidaya ini umumnya dilakukan oleh masyarakat di pelosok pedesaan, terutama berdampingan dengan usaha tani masyarakat. Pada saat ini, ternyata kegiatan budidaya tawon atau lebah semakin meningkat, hal ini sejalan dengan makin meningkatnya semangat hidup sehat setiap orang salah satunya dengan mengkonsumsi madu.

Secara khusus pihak pemerintah dan swasta telah memberi perhatian besar untuk budidaya lebah ini. Celah bisnis budidaya madu bisa dikatakan masih terbuka lebar untuk dimasuki siapapun. Adi, salah satu peternak lebah asal Jawa Timur mengungkap, jika budidaya lebah itu sebenarnya cukup mudah. Masalah yang sering dihadapi, seperti penyakit atau hama, biasanya tidak terlalu berbahaya.

Yang sering menyerang lebah madu biasanya predator, inipun kalau lebah terbang terlalu tinggi. Selain predator, yang perlu diwaspadai dalam budidaya lebah adalah kutu. Ujar Adi yang memiliki ratusan kotak lebah di pinggiran hutan jati di Caruban, dikutip dari wartawirausaha.com.

Sebenarnya terdapat beragam jenis lebah yang bisa diternakkan. Selain lebah hutan (Apis Dorsata), terdapat juga lebah lokal (Apis Cerana), maupun lebah unggul (Apis Mellifera) yang merupakan lebah populer, yang biasanya diternakkan oleh petani lebah. Lebah unggul memiliki karakter yang produktif dalam menghasilkan madu, dan juga lebih jinak dari jenis-jenis yang lain.

Saat ini yang dikembangkan pemerintah adalah jenis Apis Mellifera. Lebah ini berasal dari Eropa, dan sangat produktif dalam menghasilkan madu, bee polen maupun propolis. Selain itu, kakarakter lebah ini lebih jinak dan cocok diternakkan di daerah yang berada tidak jauh dari pemukiman warga. Ungkap Adi.

Prospek bisnis Agro ini ke depan, dipastikan akan semakin baik. Permintaan yang semakin meningkat dari masyarakat maupun pabrik-pabrik yang membutuhkan suplay madu, membuat bisnis ini juga semakin populer. Waktu panen lebah madu juga relatif singkat, hanya diperlukan 15 hari, Anda bisa memanen koloni lebah Anda. Artinya, dalam waktu satu bulan, lebah bisa dipanen dua kali. Dalam sekali panennya, lebah menghasilkan madu 3 kg, 3 kg royal jelly, 100 gram bee pollen, hal ini untuk kapasitas 100 box koloni.

Untuk harga madu bisa sangat bervariatif dan fleksibel. Karena pada bulan-bulan tertentu, madu bisa menjadi mahal. Karena pada bulan tersebut tawon atau lebah madu susah dalam menghasilkan madu karena kurangnya suplay nektar dari bunga. Madu hitam yang biasanya digunakan untuk obat, biasanya saya jual 100 ribuan per botol. Sedangkan bunga mangga, buah rambutan, buah kelengkeng saya jual dibawah harga madu hitan atau madu pahit. Selain madu, tempat saya juga menjual bee pollen, royal jelly, dan propolis. Ujar pria yang juga mahir menunggang kuda ini.

Sangat penting untuk memperhatikan ciri-ciri lebah madu kwalitas super ketika ingin beternak lebah. Adi memberikan tips dalam memilih bibit lebah madu kwalitas super, yaitu Ratu lebah harus memiliki fisik bagus dan berusia antara 3 bulan hingga satu tahun. Jumlah dan kwalitas telus yang dihasilkan ratu lebah banyak. Hasil panen lebih banyak, baik hasil madu, bee pollen, royal jelly dan propolis. Larva yang dihasilkan segar. Dan yang utama, lebah yang baik biasanya agresif dan lincah.

Jual Lebah Madu KoloniAntara bulan Mei hingga September, merupakan bulan-bulan dimana para peternak lebah bisa menikmati manisnya pendapatan dari hasil lebah madu, bee pollen, maupun Royal Jelly. Namun, selepas bulan-bulan ini, biasanya peternak madu mengalami masa sulit. Untuk membiayai perawatan, peternak biasanya memindah atau menggembalakan madu di perkebunan jagung.

Yang penting dalam beternak lebah ini, menurut Adi adalah banyak belajar, dan tidak sungkan bertanya pada petani yang terjun terlebih dulu. Suhu ideal yang cocok untuk lebah sekitar 26 derajat celcius. Karena pada suhu ini, lebah akan beraktifitas normal. Lokasi yang disukai lebah adalah tempat terbuka, jauh dari keramaian dan banyak terdapat bunga, karena bunga-bunga ini pakan utama lebah. (bn/.ciputraentrepreneurship)

Iklan Halaman Depan