Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Apa yang Membedakan Plafon Berbahan Gipsum dan Kalsiboard?

Berencana merenovasi rumah dalam waktu terdekat? Anda tentunya harus memperhatikan bagian-bagian yang perlu diganti, salah satunya langit-la...



Berencana merenovasi rumah dalam waktu terdekat? Anda tentunya harus memperhatikan bagian-bagian yang perlu diganti, salah satunya langit-langit atau plafon. Cukup mudah menemukan distributor yang menyediakan komponen hunian ini, termasuk di antaranya Shunda Plafon yang telah berpengalaman menyediakan macam-macam plafon untuk masyarakat Indonesia.


Walau begitu, Anda harus mengenali jenis-jenis plafon untuk memudahkan penyesuaian dengan desain, material, hingga iklim. Selain PVC, ada dua jenis plafon lain yang belakangan diminati, yakni plafon gipsum dan klasiboard. Lantas, apa yang membuatnya direkomendasikan?


Perbedaan plafon gipsum dan kalsiboard

Plafon, seperti yang diketahui, berfungsi menyaring hawa panas maupun dingin supaya tak langsung masuk ke bagian dalam rumah. Meski demikian, masing-masing material mempunyai kriteria berbeda yang dapat mempengaruhi konsep hingga kenyamanan rumah. 


Hal ini berlaku juga saat Anda mempertimbangkan plafon gipsum dan kalsiboard dan berikut kriteria masing-masing plafon tersebut:


  • Plafon gipsum

Gipsum sebenarnya cukup familier bagi masyarakat Indonesia. Terbuat dari casting atau bubuk gipsum, jenis plafon ini mempunyai tekstur lembut menyerupai semen, tetapi warnanya lebih putih. Kemudian, ada roving yang digunakan sebagai penguat, seperti yang ditawarkan Shunda Plafon.


Bagaimana dengan beratnya? Plafon gipsum termasuk jenis yang ringan, sehingga mudah saat dipasang pada hunian. Keunggulan-keunggulan lain yang ditawarkan plafon gipsum adalah sifatnya yang tahan api, finishing yang mudah, dan perawatannya yang tak merepotkan.


  • Plafon kalsiboard

Kalsiboard merupakan material bangunan yang bentuknya menyerupai papan kuat. Untuk plafon atau bagian bangunan lain, kalsiboard dibuat dari bahan-bahan seperti semen, pasir silika, dan serat selulosa yang dikeringkan dalam suhu dan tekanan sangat tinggi atau dikenal dengan autoclaving.


Proses pembuatan ini pula yang membuat plafon kalsiboard menawarkan berbagai keunggulan. Beberapa di antaranya adalah daya tahan kuat sekaligus memiliki kelenturan yang optimal, mudah dirawat, sampai tak mudah berjamur saat terpapar air hujan dalam jangka waktu lama.


Semoga setelah mengetahui profil kedua jenis plafon di atas, Anda tak lagi kebingungan saat hendak membelinya di Shunda Plafon.

Reponsive Ads